PAKET PEMBELAJARAN TENTANG ILMU KETENAGAKERJAAN

Pekerja adalah faktor yang penting dalam dunia industri maupun bisnis. Tanpa pekerja, pemilik bisnis tentu kesulitan mengelola bisnisnya. Namun demikian antara Pekerja dan pemilik bisnis harus bisa melaksanakan kewajiban mereka masing-masing di tempat kerja. Oleh sebab itu, keberadaan hukum ketenagakerjaan menjadi penting untuk mengatur hubungan antara Pekerja dengan pemilik usaha.

Dapatkan semua tentang Hukum Ketenagakerjaan pada materi pembelajaran ini. 


  • Enrolled students: 1

Hubungan Industrial  adalah suatu sistem hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barang dan/atau jasa yang terdiri dari unsur pengusaha, pekerja/buruh, dan pemerintah yang didasarkan pada nilai nilai Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dapatkan semua penjelasan lebih detail tentang  Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada materi pembelajaran ini. 

  • Enrolled students: 1

UU Ketenagakerjaan mengatur bahwa upah minimum ditetapkan pemerintah berdasarkan kebutuhan hidup layak dan dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Upah minimum dapat terdiri atas upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota dan upah minimum berdasarkan sektor pada wilayah provinsi atau kabupaten/kota.

Dapatkan semua penjelasan lebih detail tentang Perlindungan Pengupahan pada materi pembelajaran ini. 


  • Enrolled students: 1

Perselisihan hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara Pengusaha atau gabungan Pengusaha dengan Pekerja/Buruh atau Serikat Pekerja/Serikat Buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan.

Dapatkan semua penjelasan lebih detail tentang  Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial pada materi pembelajaran ini. 

  • Enrolled students: 1